Selasa, 01 Maret 2011

Manfaat Hutan Mangrove

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Dari namanya hutan mangrove berarti didalamnya terdapat berbagai jenis tanaman bakau sehinggaadisebut sebagai ekosistem hutan mangrove. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari terpaan ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.


 

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya aerasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Mafaat dengan adanya hutan mangrove :
  1. Menahan terpaan gelombang laut 
  2. Sebagai tempat berkembangbiaknya ikan, kepiting & udang
  3. Tempat berlindung/menghindar dari ancaman pergantian musim.& bersarangnya burung 
  4. Wahana pendidikan ekologi pesisir untuk anak & remaja
  5. Hutan mangrove merupakan salah satu tempat bersarang yang baik bagi lebah madu
  6. Sebagai bentangan pelindung alam jika terjadi ombak besar  atau abrasi laut
  7. Masih banyak lagi yang saat ini juga sedang dikembangkan diantarnya...

Hutan mangrove atau hutan bakau juga berperan sama halnya dengan fungsi hutan pada umumnya yaitu mengurangi terjadinya polusi udara dengan menyerap gas carbondioksida (Co2) yang berada di udara kemudian menghasilkan oksigen (O2) yang kemudian digunakan oleh mahluk hidup untuk menjalani proses kehidupannya, kawasan mangrove atau bakau juga  dapan menyerap limbah buangan yang telah mencemari laut baik limbah yang berasal dari lalulintas perkapalan ataupun yang berasal dari darat.

Namun ada satu fungsi lagi yang harus kita ketahui bersama yaitu jika ditinjau dari aspek Sosial dan Ekonomi maka kawasan ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangak kehidupan manusia yang berdomisili di sekitan kawasan tersebut, dari aspek ekonominya kasan mangrove jika dikembangkanmenjadi hutan wisata maupun hutan wana wisata maka akan secara langsung berdampak pada kehidupan masyarakat pada sekitar atau yang berada di kawasan hutan mangrove.

Jenis-jenis mangrove antaralain: Rhizopora mucronata, Rhizopora stylosa, Rhizopora apiculata,(jenis Rhizopora sp adalah yang paling identik dengan hutan mangrove), Bruguiera gymnorhiza, Ceriops decandera, Ceriops tagal, Eksocaria agalocha, Lumnitzera recamoza, Aicennia alba, Avicennia mariana, Xylocarpus granatum, Acanthus ilicifolius, Agiceras corniculatum, Nypa fruiticans,  Sonneratia alba (ini merupakan beberapa jenis dari mangrove), sedangkan Metroxyllon saggo dan Pandanus sp, seringkali dipakai beberapa peneliti untuk mengelompokannya kedalam jenis tumbuhan yang berada di hutan mangrove karena berada pada daerah peralihan antara hutan bakau dan hutan rawa.

Maka dengan telah kita mengetahui manfaaat hutan mangrove, saat kita semua patut menjaga kelestarian kawasan tersebut agar tetap lestari, terutama bagi kita yang berada di kawasan pesisir pantai, dan haruslah kita menjaga kelestarian hutan secara menyeluruh untuk kelangsungan masa depan kita semua di dunia...! Tidak ada kata terlambat kawan....!!! jika kita mau berbuat dan peduli lingkungan...
  
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar